Dilema Menjadi Anak Tunggal

"Sibungsu indak ka baradiak, si tuo indak ka ba kakak" - Tungga babeleang (Roni Chaniago/Yenia Tata)

Sepenggal lirik lagu minang dengan jelas menyatakan anak tunggal itu anak sulung dan sekaligus anak bungsu. Anak bungsu yang tak beradik, anak sulung yang tak berkakak.

Ane anak tunggal gan. Kenapa ane nulis ini ? Banyak teman ane bilang jadi anak tunggal itu menyenangkan, asik... yah.. hidup ini ibarat yinyang, hitam putih, ada yang menyenangkan ada yang enggak.

Disini ane ingin membeberkan apasih yang dirasakan seorang anak tunggal.


1. Kesepian
Berbeda dengan anak-anak yang punya kakak atau adik, ia punya teman yang akan diajak bicara, main, bertengkar dan sebagainya. Lah, anak tunggal ? GAK ADA GAN! Meskipun ada orang tua tapi pasti ada yang gak cocok pemikiran kita dengan orang tua. Orang tua bakal kerja, dan gak mungkin ngajak main, bertengkar dll. Jadinya harus sekreatif mungkin ngehibur diri.

2. Beban - SATU-SATUNYA TUMPUAN ORANG TUA
Ini yang paling berat yang ane rasain. Semua harapan orang tua, keluarga bertumpu pada diri sendiri. Karena gak punya adek atau kakak harapan mereka satu-satunya hanya pada satu-satunya anaknya gan. Kebayang gak gimana kalau misalnya satu-satunya anak yang mereka punya gagal dan jatuh jauh dari yang mereka harapkan, betapa hancurnya mereka. Gak punya harapan yang lain. Jika berbuat suatu kesalahan betapa malunya orang tua, karena cuma satu anak yang dimilikinya, gak ada lagi yang lain yang mampu mengembalikan keindahan nama keluarga. Duh. Nyesek kalo direnungin gan.
Ane bukannya ngebandingin beban anak sulung, tengah, bungsu, dan tunggal cuma nyatain perasaan ane doang.
Memang tiap orang punya beban masing-masing, akan tetapi jika dilihat dari logika seandainya sang anak sulung gagal dan jauh dari harapan orang tuanya masih ada adek-adeknya yang bakal memperbaiki, begitu pula anak tengah dan bungsu bakal ada kakak-kakaknya yang bakal membantunya. Sedangkan anak tunggal, siapa yang akan ngebantuin memperbaiki kegagalannya ? GAK ADA! Paling hanya orang tua yang akan mati-matian berjuang keras.

Apalagi nih gan. Jikalau seandainya orang tua nya meninggal, tak akan ada adek atau kakak yang bakal membuatnya kuat. Ia akan lebih kesepian. Sumpah ane takut banget.

3. Sulit dilepas
Ini ane rasain sendiri. Ane anak tunggal sulit sekali meyakinkan ibu ane untuk pergi kesana kemari. Karena beliau khawatir jika terjadi apa-apa sama anak satu-satunya. Jadinya begitu deh. Kayak dipenjara. Kalau gak ngasih alasan yang bagus gak akan bisa keluar.

4. Diperlakukan seperti anak kecil
Ini mungkin maksud orang tua baik, karena sayang. Tapi kalau sudah kuliah tetap diperlakukan seperti seorang anak kecil rasanya... gimana ya.. Bukan durhaka tapi memang tidak pada tempatnya. Mereka menganggap anaknya ini masih seperti anak kecil.

5. Gak bisa main untuk 2player gan.
Ane punya gamebox tiap kali main ane cuma lawan komputer gan.

6. Gak akan pernah berurusan dengan drama kakak-adek an
Pasti sering bagi anak tunggal ngedenger cerita temen-temennya tentang adik atau kakaknya. Disaat mendengar itu, kamu cuma bisa diam ngedengertin. Gak tau mau nanggepin seperti apa.

7. Gak punya siapapun yang disalahkan
ya abis cuma kamu anak satu-satunya, mau nyalahin siapa coba. Kalo vas bunga pecah, mau nyalahin siapa ? Kucing... pffft

8. Berkhayal punya adik / kakak
pernah gak ? ane sering :'D ane penasaran gimana sih rasanya punya adek, punya kakak. Pasti menyenangkan. Ane sering ngangep temen yang umurnya agak beda dengan ane/ junior ane sebagai adek ane sendiri. 

9. Dianggap Manja
INI YANG PALING MENYEBALKAN. Anggapan orang-orang selalu bilang kalau anak tunggal itu manja. gak juga gan. gak semua anak tunggal itu manja. 

10. Orang-orang memandang kalau semua keinginan akan dikabulkan
Lah emang ortu ane jin botol ? Tuhan gitu ? Miliarder ? Bahkan yang ortunya miliarder sekalipun belum tentu mau mengabulkan.

11. Gak bisa nentuin pilihan sendiri
Gak semua anak tunggal juga begini. Tapi ane iya, semua dipilih dan ditentuin ortu ane, mengapa? ane paham alasannya gak mau hal-hal buruk terjadi di diri ane. Tapi jadinya terkekang.

12. Bingung berinteraksi dengan anak kecil
Pas ada anak kecil pengen banget manja2in dan ngomong tapi gak tau mau bereaksi gimana, akhirnya diam senyumin doang

itu hal-hal yang gak mengenakkannya gan, yang enaknya ada juga.. cek pos selanjutnya ya ^_^

ingat hidup itu seperti Yinyang
Hitam - Putih
Buruk - Bagus
Senang - Sedih




special thanks to my roommate
Tapi sekarang ane bersyukur, Ane sekarang udah kos, untungnya ane punya temen kos yang sejalan pikirannya sama sikapnya sama ane. Yang satu umurnya diatas ane 5 bulan, yang satu kelahiran 97 , ane 96. Di kos ane ngerasa seolah punya adek dan kakak. Ane paling sering ngusilin mereka apalagi yang dibawah ane. Rasanya seolah ane punya adek. Ane juga sering dibully, tapi dari pembullyan itu ane benar-benar ngerasain punya saudara kandung. :')

Komentar

  1. Boleh kenal dekat? Saya jga sama dgn yg kamu rasakan, skrg saya hanya tinggal dengan ibu, bpk saya sdh lama alm..ada WA?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepribadian Umum Manusia

Kenapa agan perlu mendaki ??