Kepribadian Umum Manusia


Kepribadian merupakan ciri-ciri yang menonjol pada diri individu, atau sifat yang bisa diukur yang ditunjukan oleh seseorang kepada orang lain. Kepribadian berbeda dari watak. Watak dibawa sejak lahir, sedangkan kepribadian bisa berubah tergantung lingkungan, keluarga dan teman sepergaulan dan pengalaman hidup.

Banyak yang bilang bahwa 'harus memahami orang lain' , 'Dalam berteman itu perlu pengertian' , akan tetapi banyak orang yang mencoba merubah diri seseorang dengan pemaksaan. Banyak yang tidak tau bahwa setiap orang didunia ini ada yang Introvert, ekstrovert atau bahkan gabungan keduanya (ambivert).

INTROVERT
Agan atau gak introvert itu apa ? Introvert yang kepribadian yang tertutup. Cenderung pendiam dan lebih memilih diam,mendengar dan mengamati daripada menyampaikan pendapat dan bercerita. Orang-orang introvert ini suka mengamati keadaan sekitar. Tapi jarang sekali yang mau menyampaikan idenya. Introvert ini sulit sekali terbuka sama orang, ia akan terbuka hanya pada orang yang memang dipercayainya saja. Sulit sebenarnya mendekati orang yang introvert ini. Banyak yang bilang introvert itu  pemalu, tidak juga gan tidak semua introvert yang pemalu. Introvert ini tidak suka membicarakan dirinya seperti ekstrovert. Ia menikmati kesendirian, nyaman dengan kesendirian. Ia mendapat tenaga dari kesendiriannya. Introvert ini lebih suka berada ditempat yang tenang dan berdiam diri dirumah.
Introvert ini suka bekerja sendiri dan dibalik layar.

Ekstrovert
Kebalikan dari introvert, ekstrovert ini orangnya ramai gan. Terbuka. Banyak omong biasanya, gampang menyairkan suasana. Lebih suka beraktivitas yang berhubungan dengan orang lain.
Suka ikut pesta atau ngumpul-ngumpul. Ia mendapat energi dari orang sekitar.

Ambivert
Nah ambivert ? apanih ? baru denger gan.
Banyak yang tidak tau bahwa ada satu lagi kepribadian manusia, yakni ambvert. Ambivert ini gabungan dari kepribadian introvert dan ekstrovert gan. Ia pandai membawa diri. Jika ia berhadapan dengan introvert ia akan berperan sebagai ekstrovert, ia akan memulai obrolan lebih dulu dan lebih cerewet. Namun ketika berhadapan dengan ekstrovert ia akan berperan sebagai introvert lebih banyak diam dan mendengarkan. Ini nih kepribadian ane nih. Seorang ambivert ini kadang sangat senang berinteraksi, berkumpul dan bersosialisasi dengan orang. Namun, ia juga membutuhkan kesendirian. Misalnya hari senen sang ambivert ini happy happyan hunting kesana kemari bareng temen temennya, keesokan harinya alias selasa jangan harap bisa begitu lagi, seperti yang ane bilang ambivert ini gabungan ekstrovert dan introvert. Butuh ketenangan, kesendirian setelah beramai-ramai.

Bingung kamu Introvert, ekstrovert atau malah gabungan keduanya (ambivert) ?
Agan bisa searching di google "Tes Kepribadian Introvert..."



Sumber : Otak saya sendiri setelah membaca beberapa sumber dari buku dan blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dilema Menjadi Anak Tunggal

Kenapa agan perlu mendaki ??