Hal yang perlu agan persiapkan sebelum mendaki

Mendaki sekarang ini sudah menjadi hobi khalayak umum. Bahkan nih ye ane sering jumpa anak-anak yang masih SMP sederajat bahkan SD ikut serta dalam pendakian.


Agan udah pernah nanjak belum ? pengen nanjak tapi gak tau apa yang mau dibawa ??
Kesempatan kali ini ane bakal nulis apa aja yang perlu agan perhatiin sebelum mendaki, yuk check this out ! Ane nulisnya ga berurutan ye..

1. Kondisi fisik dan mental agan/aganwati
Agan harus sadar diri akan kondisi fisik dan kesehatan agan. Jangan hanya karena pengen ikut-ikutan, narsis agan jadi mengabaikan kesehatan agan. Kalau  kondisi tubuh agan lemah sebaiknya tidak usah ikut mendaki. Bisa berabe urusannya nanti, agan bisa saja kehilangan nyawa agan dan merepotkan rekan agan yang lain. Mending gak usah!

2. Jogging
Sebelum agan nanjak, sebaiknya agan jogging dulu sebagai pemanasan. Olahraga ringan jangan yang berat-berat nanti malah ga jadi nanjak. Kenapa harus jogging? Untuk memancing kaki agan agar nanti gak kram dan penat-penat selama pendakian atau bahkan sesudah. Biasanya sehabis mendaki jika agan gak jogging agan akan merasakan kram, bahkan sulit berjalan. Jadi alangkah baiknya jogging dulu. Paling tidak tiga hari sebelum keberangkatan.

3. Konsumsi
Agan perlu membawa konsumsi secukupnya, jangan berlebihan. Perkirakan cukup gak yang dibawa . Konsumsi yang sangat perlu agan bawa adalah :

  • Air Minum



Manusia gak bisa hidup tanpa air, kalau gak bawa air minum nanti dehidrasi dan agan bakal tinggal nama doang. Mati konyol yang ada. Bawa air minum secukupnya, jangan pula berlebihan karena akan menambah beban agan. Minum disini bisa air minum mineral biasa atau pocari sweet, saran bawa 1 botol besar air mineral + 1 botol pocari sweet

  • Beras/Nasi

Agan sebagai makhluk hidup perlulah nasi sebagai penambah tenaga dan mengenyangkan perut. Agan gak akan bisa nanjak menuju puncak jika kelaparan. Akan akan off disana. Baiknya bawa nasi dari rumah. Lalu beras secukupnya jikalau nasi sudah habis
  • SAKA / Gula merah/gula aren





Asal agan tau gula merah/SAKA (dalam bahasa minang)/Gula merah/gula aren berfungsi menambah stamina, Nah jika agan kelelahan makanlah gula merah secukupnya. Lalu minum air putih biar tidak kehausan. Stamina agan akan bertambah. Atau agan bisa mengakali dengan merebus gula merah dengan air dirumah untuk diminum. EENAKK LOHH
  • Kentang Rebus

Nih bagi agan yang malas masak atau gak bisa masak nasi. Bawa kentang rebus dari rumah. Tapi ane gak nyaranin bawa kentang rebus doang ya... Nasi juga perlu.
  • Aneka Mie

Mie adalah alternatif makanan lain yang dapat mengenyangkan tapi tak terlalu menambah tenaga. Agan bawalah mie sebagai cadangan. Karena mudah dibawa dan tidak ribet.
  • Telur Rebus

Nih ini ane juga saranin bawa ini. Selain karena cukup tahan lama, gak ribet bawa, juga mengandung protein.
  • Sambal lain-lain

Agan silahkan kalau misalnya mau bawa sambal dari rumah. Ini lebih baik juga. Asal tak memberatkan.
  • Susu/teh/kopi/minuman jahe

Kalau agan suka susu bawalah susu.

4. Alat OUTDOOR
Untuk mendaki agan perlu membawa alat-alat outdoor ini. Tapi biasanya kalau agan bepergian dengan teman agan yang sudah pengalaman alias senior biasanya ia yang akan menyiapkannya dan agan tinggal kerjasama doang. Tapi agan juga harus tau apa saja alat outdoor yang perlu dibawa :


  • Tenda
Agan pasti sudah tau keguaan tenda apa. Jadi gak perlu ane jelasin lebih lanjut. Agan harus tau mau pakai tenda isi berapa, berapa orang... jangan sampai bawa orang 6 orang tapi tendanya malah isi dua.
  • Terpal
Yang ini gan terpalnya


Terpal ini gunanya nanti apabila hujan, air tidak merembes masuk ke tenda agan. Terpalnya terpal plastik ya gan.
Bukan yang ini

  • Sleeping Bag
INI PENTING !! Agan tau gunung itu dingiinnnn pake bangeeeeeeettttt...
Agan bisa kena hipotermia kalau kedinginan berlebihan. Tapi ingat sleeping bag ada jenis nya juga. Perhatikan saat agan mau beli sleeping bag.
  • Matras
Sebagai alas tidur agan. Loh udah ada sleeping bag masih perlu Matras?? Matras juga perlu gan. Lantai gunung itu sejuk . Sleeping Bag aja kurang 
  • Senter / Lampu yang bisa dibawa / aneka penerangan

digunung gak ada lampu / penerangan. Jadi agan harus bawa penerangan sendiri.
  • Pisau / Golok / Parang / gunting

Untuk keamanan gan! Ingat! Agan pergi kegunung bukan ke mall.
  • Kompor lapangan
Untuk masak nasi agan perlu kompor lapangan. Harganya kisaran 209 - 300k an gan. Dengan kompor ini agan bisa masak dalam tenda karna kompornya kecil. Aman kok.
  • Gas mini
Untuk pakai kompor lapangan agan perlu gas. Jangan cuma bawa satu gan. Lebihin bawa gas. Perkirakan cukup gak untuk selama digunung. Gas isi ulang ini harganya kisaran 28.000 an gan.
  • Spritus / Minyak tanah
Agan tau gak apa spritus ? Spirtus itu sejenis alkohol yang dapat berfungsi sebagai media pembakaran alias minyak tanah. Kalau agan gak punya atau bawa kompor gas lapangan agan bisa bawa spritus dan masak pakai kayu. Tapi.. kalau hari hujan agan ga bisa masak. Selain itu kalau mau buat api unggun bisa nih pakai ini.
  • Korek api/mancis/tukiak (bahasa minang)/cricket

Untuk ngidupin api. Kalau korek api kayu nanti takutnya lembab. Sebainya bawa dua macam, yang kayu sama yang cricket.

5. Pakaian
  • Baju+Celana+Daleman

Saran ane jangan hanya bawa satu pakaian yang agan pakai saja. Baiknya bawa pakaian lebih. Jika seandainya terjadi sesuatu yang tak diinginkan agan bisa menggantinya. Pengalaman ane nanjak nih ye, gunung itu jalannya banyak yang becek, kalau kotor gan agan bisa mengganti. TAPI jangan kayak orang pindahan tas ransel isinya pakaian semua. Duh, mau minggat atau kegunung???
  • Jaket
Jaket ini WAJIB nih gan. Secara gunung dingin. Kalau bisa bawa jaket khusus untuk mendaki yang tahan dingin tahan panas.

6. Sepatu mendaki







Kalau gak ada bisa pakai sepatu biasa/ sandal gunung. Sandal biasa juga gak apa sih, tapi keawetannya kurang. Takutnya rusak ketika nanjak.

7.  Masker
Gak terlalu wajib sih. Cuma rekomendasi aja.

8. Obat-Obatan
Obat ini penting nih, jangan anggap remeh. Hanya karena menurut agan kondisi fisik agan bagus dan sehat agan jadi ga bawa obat. Untuk siap siaga bawa gan. Obat mag, diare, pusing, minyak angin, obat masuk angin, penghangat badan, balsem. Pengalaman ane nih gan, ane nanjak bareng dua orang adik kelas pemula, ketika tiba diatas, ia pusing dan mual. Obat gak ada, jadi kami asal-asalin aja buat air hangat dan susu. Itu untung yang sesepuh ane gak panikan, coba panikan gak tau deh mau cari obat kemana.


Keseluruhan gambar diambil dari google.
Materi bersumber dari pengalaman saya sendiri.
Jika mau copast harap cantumkan sumber blog.

Created by : sang-ambivert.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepribadian Umum Manusia

Dilema Menjadi Anak Tunggal

Kenapa agan perlu mendaki ??